Training Motivation Terpadu

Alhamdulillah agenda pertama persembahan dari Departement KPSDM rampung sudah. Acara tersebut yaitu Training Motivation Terpadu atau disingkat TMT, berlangsung pada hari Sabtu, 2 Juni 2012, pukul 09.00 yang bertempat di RSG, FIS UNJ. Acara ini dibuat khusus oleh KPSDM dengan bertujuan memberikan motivasi bagi kami, seluruh pengurus HIMA IPS kabinet Totalitas Amanah. Acara ini mengusung tema kepemimpinan, dimana hendaknya membuat kami memiliki jiwa pemimpin dalam menjalankan tugas sebagai pengurus HIMA yang totalitas dan amanah. Dan syukurnya, lebih dari 50% pengurus HIMA yang menghadiri acara yang berguna ini.

Acara ini mengundang tiga pembicara sekaligus dan terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dibuka oleh Kak Hazir, mantan ketua BEM FIS 2010, dengan moderator Khoirotun Nafsi. Kak Hazir, beliau sangat berperan penting dalam terbentuknya Himpunan mahasiswa di IPS, karena beliau lah yang membimbing kami dari awal, dan meski pada awalnya IPS masih angkatan pertama dan tidak memiliki senior, beliau yang menjadi senior dan panutan bagi kami. Sekilas intermezo, kembali pada kegiatan acara, kak Hazir memberikan materi tentang perkembangan diri. Dalam hal ini perhatian rekan-rekan terlihat antusias. Maklum masih tahap awal. 

Sesi berikutnya dibawakan oleh Kak Abu Yusus, mantan Ketua BEM FIS 2009 yang kini menjadi motivator sebagai salah satu kegiatan profesionalnya. Beliau  dimoderatori oleh Riza Saputra. Sebelum memulai acara, ada yang menarik. Empat orang rekan dipanggil sebelumnya keluar arena. Tak ada yang tahu sebelumnya mengapa mereka dipanggil. Lanjut ke acara, Kak Abu membahas tentang pentingnya public speaking bagi seorang pemimpin. Ternyata menguasai Public Speaking itu menjadi keharusan. Beliau mengajarkan dengan sistematis mulai dari bagaimana pentingnya Public Speaking, lalu manfaat untuk kedepannya, serta cara-cara menjadi public speaking yang benar. 

Beliau membawakan acara dengan santai dan menarik, sehingga peserta terlihat begitu antusisa dan tak jarang mereka tertawa. Kak Abu adalah contoh public speaking yang sebenarnya. Ditengah acara, Keempat peserta yang dipanggil sebelumnya kembali dipanggil. Ternyata mereka akan memperagakan public speaking di depan. Mereka kembali dibawa keluar arena untuk diberi pengarahan. Sedangkan peserta didalam, diberi pengarahan langsung oleh Kak Abu. Aturan mainnya adalah demikian, 
  1. Peserta akan dipanggil satu persatu ke dalam arena
  2. Peserta akan tampil dengan membawakan topik yang mereka kuasai
  3. Selama peserta tampil, audience (peserta yang menonton) harus memperhatikan tayangan slide di depan.
  4. Kak Abu akan mengendalikan slide, Slide terdiri dari angka 1, 2 dan 3
  5. angka 1 berarti audience harus fokus memperhatikan. angka 2, audience harus mengacuhkan, dan angka 3 audience membuat keributan/kegilaan yang mengganggu pesesta yang tampil.
  6. Peserta yg tampil tidak tahu sama sekali dengan aturan permainan ini.
Acara pun kembali dilanjutkan, mereka yang tampil adalah Arman, Astri, Iqbal, dan Randy. Arman membawakan topik tentang kepemimpinan, Astri membahas tentang pengalamannya observasi, Iqbal membahas tentang AS Roma, dan terakhir Randy, membahas tentang sajak cinta.

Selama berlangsungnya kegiatan ini, memberikan canda tawa sendiri bagi peserta yang lain. Apalagi melihat peserta yang tampil mulai panik dan ketakutan ketika Slide menayangkan angka 3. Banyak kejadian konyol mulai dari melemparkan peserta yng tampil dengan sampah, sepatu dan bantal kursi, hingga kekonyolan lain. Kegiatan ini memiliki tujuan sendiri, yaitu melatih kemampuan pengendalian diri sorang public speaking ketika berada dalam situasi-situasi yang diluar kehendak.

Pada pukul 13.15, sesi Kak Abu pun selesai. Acara dilanjutkan dengan Isoma dan kembali lagi pada pukul 14.00. Sesi berikutnya dibawakan oleh Kak Adit. Kak Adit merupakan orang baru bagi kami. Ini adalah kali pertama beliau tampil di acara IPS. Beliau adalah mahasiswa MIPA, dan manatan Ketua BEM UN. Beliau dimoderatori langsung oleh Diki Gusrian. Kak Adit fokus mebahas tentang langkah-langkah menjadi pemimpin. maklum beliau sudah makan asam garam dalam dunia kepemimpinan. Sekedar info saja, beliau pernah menjabata menjadi Ketua Bem jurusan, kemudian fakultas, lalu universitas. Luar biasa prestasinya.  Namun sayang, dalam mebawakan materi, nampaknya Kak Adit terlalu monoton. Beliau terpaku hanya pada slide-slide yang tayangkan. Sehingga terlihat jelas kejenuhan para peserta. Selain karena memang sudah diakhir acara, dan tak sedikit juga yang kabur pulang ketika Isoma. 

Akhirnya tepat pukul 15.00 acara pun selesai. Acara diakhiri dengan pembukaan open recruitment Panitia MPA Jurusan 2012. 

Semoga rangkaian acara yang panjang ini memberikan pelajaran berharga bagi pengurus HIMA ke depannya agar menjadi pemimpin-pemimpin yang totalitas amanah dalam membangun IPS.

Comments

Popular Posts