PMT (Pelatihan Mahasiswa Terpadu)


RUJAK BUAH

Religius, Unggul, Jujur, Amanah, Kreatif, dan Bersinergi untuk Anggota HIMA

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 11 April 2014.
Bertujuan untuk memberikan pelatihan motivasi RUJAK BUAH bagi yang akan mengemban amanah dalam kepanitiaan maupun dalam melaksanakan kehidupan organisasi.
Acara ini berisi pemberian materi-materi yang tentunya bermanfaat untuk kita semua, materi itu terdiri dari Public Speaking, Kecerdasan Emosional, dan Management organisasi.

Acara ini di pandu oleh dua MC yaitu Ilham tachril dan Afda fauziyah, dan seperti biasa  diawal acara ada sambutan dan ketua pelaksana yaitu Ma’mun Raka Arief dan ketua HIMA kita Ilham Pamungkas, dilanjutkan dengan  pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh rekan kita Ahmad Sunandar dan Tiara Rida. Tidak lama setelah rangkaian acara dilaksanakan maka dimulai lah acara utamanya yaitu MATERI, yaaay ^^/.



Materi pertama adalah public speaking yang dibawakan oleh kak Riza Pahlevi dari jurusan Biologi.  Nah jadi apa sih public speaking itu? Public speaking adalah seni berbicara di depan orang banyak atau di depan umum. Orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum biasanya akan mengalami grogi dan bicaranya menjadi terbata-bata, maka sebelum kita berbicara di depan orang banyak, kita perlu menyiapkan berbagai persiapan diantaranya:

1.       Keberanian
2.       Percaya diri
3.       Wawasan kita mengenai apa yang akan kita bicarakan
4.       Penampilan pun harus baik
5.       Konten yang akan kita bicarakan
6.       Tingkat emosional : harus disesuaikan dengan kondisi, dan dengan siapa kita akan berbicara.

Selain ada materi kak Rizal juga memberikan simulasi kepada kita. Kak Rizal mengajak 7 rekan kita untuk mencoba berbicara di depan umum dengan berbagi kondisi yang audience ciptakan, misalnya audience yang gaduh, berisik, bersikap acuh tak acuh, kritis, atau pasif.

                Materi kedua yaitu Kecerdasan Emosi yang dibawakan oleh kak Fajar. Inti dari materi yang disampaikan kak Fajar antara IQ dan EQ itu harus seimbang, percuma jika IQ besar tetapi EQnya kecil. Karna yang mengelola IQ itu EQ, misalnya saat IP kita mendapat 4.00 itu adalah IQ , namun yang mengelola IQ itu EQ, maka akhlak itu adalah yang utama. IQ 20%, dan EQ 80%.

1. Kecerdasan emosional mampu:
-Memotivasi diri sendiri
-Mengatasi frustasi
-Mengontrol desakan hati
-Mengatur suasana hati
-Empati
-Team work

2. Ciri-cirinya yaitu
Assertive: Tegas
Visioner: Pikirannya maju kedepan, melihat kedepan

                Nah setelah dua materi diberikan, maka waktunya bagi peserta PMT merefresh otak, maka muncul lah anak-anak dari department PENSORA menghibur peserta PMT. PENSORA telah menyiapkan sebuah games yang bernama “Mencari Jodoh” . Selesai games MC membagikan kelompok kepada peserta sesuai dengan amanah yang akan di emban saat MPA nanti. Setelah pembagian kelompok waktunya ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan) peserta PMT diberikan konsumsi untuk makan siang yang telah disiapkan oleh panitia PMT, baik yaa Panitia PMT kita hihi.

                Selesai ISHOMA kegiatan PMT pun dilanjutkan. Kelanjutan PMT ini dimulai dengan rujak party, karna judul PMT ini RUJAK maka, panitia PMT menyediakan rujak bagi peserta PMT. Setelah rujak party, materi terakhirpun dipersembahkan. Materi terakhir ini berjudul management organisasi yang disampaikan oleh kak Fattah Amal Iko dari jurusa Sosiologi.

                Inti dari materi yang disampaikan oleh kak Iko kira-kira seperti ini. Organisasi itu seperti rumah, memiliki pondasi yaitu anggotanya, memiliki tiang yaitu visi misinya, dinding yaitu kebersamaannya, atap rasa memiliki, perabot yaitu kegiatannya, cat yitu warna-warni keinginan hati atau cita-cita pemiliknya. Nah ada empat fungsi dari management organisai yaitu: Planning (Perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), dan Controling (pengontrolan).

                Ya kiranya seperti itulah rangkaian dari kegiatan PMT, menarik bukan? Semoga saja kegiatan ini akan bermanfaat bagi semuannya.

Comments

Popular Posts