DESKRIPSI PER BIRO & DEPARTEMEN

BIRO KEWIRUSAHAAN

Biro Kewirausahaan merupakan bagian dari BEM Prodi Pendidikan IPS. Biro kewirausahaan merupakan biro yang membantu pemasukan dana untuk berjalannya BEM Prodi Pendidikan IPS melalui berbagai macam program kerja. Biro kewirausahaan dikatakan sebagai biro bukan departemen karena berada langsung dibawah naungan bendahara. Tujuan Biro Kewirausahaan yaitu mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, selain itu biro kewirausahaan juga menjadikan mahasiswa agar lebih mandiri lagi dalam mengelola usaha maupun keuangannya.

Untuk arahan program kerja dalam biro kewirausahaan antara lain :
a.       Menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa  Pendidikan  IPS.
b.      Mengadakan kegiatan atau membuat usaha untuk menghasilkan pemasukan yang halal bagi BEM Prodi P.IPS
c.       Mencari dan menjalin link yang menguntungkan dengan pihak sponsorship
d.      Terciptanya kader yang handal dalam kewirausahaan
e.       Menciptakan keseragaman berpakaian dalam pendidikan IPS.


**********************************************************************
BIRO KESTARI

Biro kesekretariatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Biro Kestari merupakan unit pendukung Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS. Pada umumnya program kerja kestari dilakukan secara rutin seiring dengan kepengurusan HIMA P.IPS. Ruang lingkung program kerja Biro kestari ini bukan hanya dalam hal surat-menyurat,tetapi juga berada dalam lingkungan pengelolaan inventarisasi, database dari HIMA P.IPS itu sendiri, serta dokumen-dokumen penting HIMA P.IPS. Dengan program kerja sedemikian rupa, yang sering kali berurusan dengan arsip, dokumen, surat-surat, tidak menjadikan Kestari sebagai Biro yang membosankan. Mewujudkan didalam internal Biro Kestari sendiri seperti Kepala/Ketua Biro yang serius namun santai dalam bekerja, dan didukung dengan staff yang menarik menjadikan Biro Kestari siap  mewujudkan visi dan misi dari HIMA P.IPS.

VISI
TOLERANSI “ Total dalam pemeliharaan, transparan dalam pengarsipan”. Serta menjadikan Biro Kestari sebagai pusat pengelolaan administrasi dan pusat koordinasi yang mendukung visi dan misi.

MISI
1. Melakukan koordinasi dengan sekretaris umum mengenai pengelolaan dokumen dalam kepengurusan HIMA P.IPS
2.    Melakukan pengarsipan terhadap inventaris HIMA P.IPS
3.    Transparan dalam menyampaikan segala informasi terkait dengan pengarsipan dan kesekretariatan
4.    Memelihara inventaris HIMA P.IPS
5.    Maksimal dalam melaksanakan tugas Biro Kestari secara keseluruhan.


**********************************************************************
Departemen  Adkesma

Departemen Adkesma  adalah departemen yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dan memberikan kebermanfaatan yang sebesar-besarnya untuk mahasiswa PIPS. Departemen Adkesma memberikan pelayanan dan adkesma terhadap mahasiswa sehingga menimbulkan rasa dekat dan bermanfaat.
Tugas utama dari departemen ini adalah mengadvokasi kepentingan dan kesejahteraan mahasiswa dalam kaitannya dengan kegiatan akademisnya. Selain itu, dalam Departemen Adkesma tahun ini, fungsi konseling akan diintegrasikan. Fungsi ini dimaksudkan untuk mewujudkan peran BEMP PIPS sebagai partner sekaligus keluarga bagi mahasiswa PIPS. Ranah kerja departemen Adkesma yaitu pemahaman masalah, pembahasan, dan solusi.
Bergabung bersama departemen ini berarti, selalu siap sedia untuk mengadkesmakan dan membantu mahasiswa demi kesejahteraan mahasiswa. Sebagai konsekuensi dari komitmen ini, maka setiap personel dalam departemen ini akan dipastikan nantinya diketahui oleh para mahasiswa PIPS sehingga mereka akan dapat mudah dijangkau.



**********************************************************************
KOMINFO

            KOMINFO adalah singkatan dari Komunikasi dan Informasi. KOMINFO merupakan suatu departemen di dalam naungan HIMA P.IPS yang bertugas untuk menyebarkan informasi, komunikasi dan mempublikasikan kegiatan yang berada di P.IPS.Eitssss, tunggu dulu!!! Mungkin sebagian orang mengira kominfo cuma numpang eksis di sosmed dan megang kamera DSLR biar dikata anak hitzzz. NO!!!! Disini ubah persepsi kita mengenai departemen KOMNIFO.
Tugas dan tanggung jawab para staff KOMINFO selama menjabat adalah mengelolaan majalah dinding (mading) HIMA P.IPS, aktif dalam mempublikasikan setiap kegiatan P.IPS di sosial media HIMA P.IPS (blog, facebook, twitter, instagram, dan youtube), membuat majalah P.IPS atau yang lebih dikenal BUPS selama 3 bulan sekali, mendesain acara-acara yang ada di HIMA P.IPS, dan menjalankan Proker dan Non Proker departemen KOMINFO.
Jadi kalau kamu memang memiliki bakat dan passion dalam hal  desain(Photoshop,video editor), atau anda seorang gadget Freak. Silahkan masuk ke departemen KOMINFO yah...




**********************************************************************
Apa sih ? PENDIKMA ?

Departemen Pendidikan Mahasiswa merupakan bagian dari BEM Prodi Pendidikan IPS. Departemen PENDIKMA didirikan didalam BEM dengan tujuan pokok mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ melalui berbagai macam proker (program kerja) dan non proker, diantaranya :
Proker :
·         Bulan Bahasa
-       Lomba Esai Nasional
-       Lomba Membaca Puisi tingkat Universitas
·         Lomba Cerdas Cermat tingkat JABODETABEK

Non Proker:
·         Dipsi
·         Bedah Buku
·         Pemeliharaan Perpustakaan

Jika anda memiliki jiwa pendidik, ataupun anda seorang yang memiliki kecintaan terhadap ilmu pengetahuan, atau juga anda seorang yang memiliki wawasan yang sangat luas, tidak ada salahnya anda mencoba departemen ini. Selain proker canggih diatas kita memiliki tugas dan fungsi yaitu :





**********************************************************************
PENSORA

Departemen PENSORA  adalah departemen yang bergerak didalam bidang seni dan olah raga, departemen PENSORA pada hakikatnya merupakan wadah utama mahasiswa P.IPS dalam menyalurkan hoby maupun mengasah kemampuan para mahasiswa lewat seni dan olahraga. Departemen ini fokus pada seni dan olahraga dan berusaha mengembangkannya lewat proker-proker sakti yang akan membuat anda tertarik untuk masuk departemen ini
Jika teman-teman memiliki passion dibidang seni seperti menyanyi,teater,tarian  atau juga jago olahraga seperti futsal,basket,dan lainnya silahkan anda mendaftarkan diri anda ke dalam departemen PENSORA, departemen ini memang dituntut untuk menjadi asik, tetapi teman-teman juga dituntut untuk serius dalam melaksanakan program-program sakit. Tetap semangat dan tidak lupa “Mensana Inkorporesano....!?”






**********************************************************************
PSDM
PSDM (Pengkaderan Sumber daya Manusia) merupakan departemen yang dibagi menjadi 2 divi yang terspesialisasi berdasarkan tugas dan fungsinya yaitu divisi pengkaderan dan kerohanian. Pengkaderan lebih fokus untuk rekruitmen maupun peningkatan SDM dalam hal kualitas organisasi sedangkan Kerohanian berutat kepada pengetahuan dan kualitas Spiritual mahasiswa.
Jikalau anda memiliki passion dan jiwa di PSDM, silahkan anda masuk kedalam departemen ini. Karena kami senantiasa menanti kehadiranmu untuk masuk departemen ini dan kita belajar bersama dan membangun hima untuk lebih maju kedepan



**********************************************************************
DEPLU

Departemen Luar negeri adalah salah satu departemen di BEMP P.IPS yang ruanglingkupnya dalam hal relasi atau hubungan, sejatinya sebuah OPMAWA membutuhkan sebuah hubungan yang bisa dikatakan hubungan diplomatis guna menjalin hubungan dengan OPMAWA lain maupun organisasi yang lain, selain itu DEPLU juga bisa dikatakan duta P.IPS yang membawa nama baik dan kehormatan Jurusan P.IPS untuk selanjutnya berinteraksi dengan dunia luar
Jika anda memiliki hoby atau memang anda merasa memiliki Link yang luas, atau anda sangat senang berinteraksi dengan orang-orang baru diluar sana dan menjalin hubungan yang akrab layaknya seorang Ambassador yang membawa kehormatan unutk jurusan tercinta yaitu P.IPS, anda bisa bergabung dengan departemen ini.







Comments

Popular Posts